LAPORAN PROGRAM KERJA GURU MATA PELAJARAN SENI BUDAYA


 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN PENCAPAIAN

MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

KELAS 10 SEMUA JURUSAN

 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERINTIS ADILUHUR

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

SHOLIHIN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEKOILAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERINTIS ADILUHUR

KECAMATAN JABUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

TAHUN 2020/2021
KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap syukur alhamdulillah kepada Allah SWT atas rahmat dan inayah-Nya maka kegiatan belajar mengajar/tugas tambahan pada semester Ganjil dan Semester Genap pada Tahun Pelajaran 2020/2021 telah selesai dilaksanakan di SMK Perintis Adiluhur Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur.

Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari berbagai pihak, sehingga penulis merasa sangat perlu untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada:

 

1.    Bapak Amin Mufroil, S.Pd., MM. Pd Selaku Kepala SMK Perintis Adiluhur

2.    Bapak Dadang Sinatra, S.Pd Selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Perintis Adiluhur.

3.    Bapak Drs. Agus Sulastyo, M. Si sebagai Pengawas Pembina SMK Perintis Adiluhur

4.    Bapak Ibu Guru, Siswa Siswi SMK Perintis dan semua pihak yang mendukung kegiatan belajar mengajar/tugas tambahan dan lain sebagainya.

 

Adapun laporan ini disusun sebagai bahan/acuan untuk menilai kegiatan yang sudah dilaksanakan kemudian dapat dijadikan pertimbangan untuk memperbaikinya agar KBM di tahun pelajaran berikutnya dapat terlaksana lebih baik. Semoga laporan ini bermanfaat bagi guru sebagai pelaksana tugas mengajar dan dapat menjadi alat dalam upaya meningkatakan mutu dan kualitas pendidikan.  Amin yaarobbal ‘alamin.

.

                                                                                    Adiluhur, Juni 2021

                                                                                    Penyusun

 

 

DAFTAR ISI

                                                                                                                              HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

  1. PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang

B.        Tujuan Laporan Pencapaian Mata Pelajaran

C.        Hasil yang diharapkan dari Laporan Pencapaian Mata Pelajaran Seni Budaya

 

  1. PROGRAM  PELAKSANAAN

Laporan Program Pelaksanaan Pembelajaran

 

  1. HASIL YANG DIHARAPKAN

Realisasi dari pelaksanaan kegiatan KBM berupa kegiatan

 

  1. PENUTUP

A.        Kesimpulan

B.        Saran


I.           PENDAHULUAN

 

A.        Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini, dimana semakin berkembang dengan pesatnya ilmu pengetahuan namun ada suatu hal yang tidak dapat ditinggalkan atau disembunyikan keberadaannya terutama di Indonesia yaitu keanekaragaman budaya yang tidak dapat dimiliki oleh negara lain. Saat ini kebudayaan Indonesia semakin tenggelam dengan kehadiran teknologi-teknologi yang semakin canggih. Apalagi generasi muda saat ini kurang peduli dengan kebudayaan Indonesia, khususnya kesenian-kesenian seperti seni tari. Maka dari itu, untuk memperkenalkan kesenian Indonesia kepada generasi muda terutama peserta didik mulai dari anak-anak hingga remaja adalah dengan cara memberikan pendidikan seni dalam bentuk pelajaran maupun ekstrakurikuler di sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, SMK bagi siswanya untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri siswa tersebut.

 

Penyusunan laporan ini guna  memenuhi tugas yang berkaitan dengan pemeriksaan berkas program kerja yang telah di buat di awal tahun pelajaran dan dipertanggung jawabkan kedalam sebnuah laporan ketercapaian mata pelajaran di akhir tahun pelajaran 2019/2020. dengan harapan  agar guru lebih memahami dan mengetahui Pendidikan Seni yang diselenggrakan di sebuah instansi atau lembaga pendidikan. Dan guru pun berupaya lebih mengerti bagaimana tujuan atau proses pendidikan seni yang berkembang dalam di sekolah-sekolah tertentu.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah SMK Perintis Adiluhur tertanggal 13 Juli 2020 Nomor:156/820/P-YPUP/VII/2020 Tentang Pengangkatan Guru SMK Perintis di Lingkungan Yayasan Pancakarya UtamaPerintis Tahun 2020/2021 serta Surat Keputusan Kepala SMK Perintis Adiluhur tertanggal 13 Juli 2020 Nomor : 009/424.2/SMKP/VII/2020 Tentang Pembagian Tugas Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2020/2021, Penyusun mendapatkan beban mengajar pada mata pelajaran Seni Budaya kelas 10 Semua Jurusan yang terdiri dari 5 (Lima) kelas yaitu:

No

Kelas

Jumlah Siswa

Beban Mengajar (Jam)

Ket

1


 

 

B.        Tujuan Laporan Pencapaian Mata Pelajaran

Tujuan laporan pencapaian mata pelajaran ini adalah untuk :

1.    Meningkatkan mutu dan pendidikan melalui mata pelajaran yang bermutu dan terlaksana dengan baik

2.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan praktik yang berkualitas

3.    Memberi pengetahuan tentang seni dan budaya sebagai bagian proses pendidikan

4.    Menghasilkan siswa siswi yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan bakat yang sesuai dengan bermanfaat ketika nanti telah selesai menempuh pendidikan

5.    meningkatkan professional kerja serta pengabdian guru terhadap satuan pendidikan tempat bekerja

 


C.        Hasil yang diharapkan

1.    Peningkatan mutu dan pendidikan siswa melalui mata pelajaran yang bermutu dan terlaksana dengan baik

2.    Peningkatan efisiensi proses pendidikan dan praktik dalam Kegiatan Belajar mengajar yang berkualitas

3.    Mendapatkan pengetahuan tentang seni dan budaya sebagai bagian proses pendidikan

4.    Implementasi siswa siswi yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan bakat yang sesuai dengan bermanfaat ketika nanti telah selesai menempuh pendidikan

5.    Peningkatan professional kerja serta pengabdian guru.

 


II.         PROGRAM  PELAKSANAAN

 

A.        Laporan Program Pelaksanaan Pembelajaran

1.    Program Tahunan

SMTR

KOMPETENSI DASAR

Alokasi Waktu

Ket

Keterlaksanaan (%)

I

3.1.       Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa.

3 Jp

BAB 1

100%

3.2.       Memahami karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya..

9 Jp

BAB 2

100%

3.3.       Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

3 Jp

BAB 3

75%

3.4.       Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya

3 Jp

75%

3.5.       Memahami pertunjukan musik tradisional

9 Jp

BAB 4

 

75%

3.6.       Membandingkan pertunjukan musik tradisional

3 Jp

75%

3.7.       Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi.

3 Jp

BAB 5

100%

3.8.       Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi.

6 Jp

100%

3.9.       Meragakan ragam gerak tradisional berdasarkan konsep, teknik dan prosedur tari sesuai dengan iringan

9 Jp

BAB 6

 

100%

3.10.    Meragakan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional

3 Jp

BAB 7

100%

3.11.    Menyusun naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional

6 Jp

BAB 8

50%

 


 

SMTR

KOMPETENSI DASAR

Alokasi Waktu

Ket

Keterlaksanaan (%)

II

3.1.       Memahami konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

3 Jp

BAB 9

100%

3.2.       Memahami konsep, prosedur, dan fungsi kritik dalam karya seni rupa..

6 Jp

BAB 10

100%

3.3.       Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

3 Jp

BAB 11

75%

3.4.       Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya

3.5.       Memahami Pertunjukan music tradisional

3 Jp

3.6.       Membandingkan pertunjukan musik tradisional

3.7.       Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

3.8.       Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya.

3 Jp

BAB 12

50%

3.9.       Memahami Pertunjukan music tradisional.

3 Jp

3.10.   Membandingkan pertunjukan musik tradisional

3.11.   Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi

6 Jp

BAB 13

100%

3.12.   Menganalisis jenis-jenis nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi

6 Jp

BAB 14

100%

3.13.   Memahami pertunjukan musik tradisional

3 Jp

BAB 15

50%

3.14.   Pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional

6 Jp

BAB 16

50%

 

Penjabaran tabel diatas adalah sebagai berikut:

a.      Pada semester ganjil terdapat Kompetensi dasar yang tercapai 100% yaitu di KD 3.1, 3.2, 3.7, 3.8, 3.9 dan 3.10

Sedang pada semester Genap terdapat Kompetensi Dasar yang tercapai 100% adalah pada Kompetensi Dasar 3.1, 3.2, 3.11 dan 3.12.

Bukan berarti pada Kompetensi Dasar tersebut adalah pelaksanaan kegiatan yang mudah tetapi pada Kompetensi Dasar tersebut siswa lebih mengapresiasi dan berekspresi.

b.      Pada semester Ganjil juga terdapat Kompetensi Dasar yang memperoleh presentasi 75 % pada Kompetensi Dasar 3.3, 3.4, 3.5, dan 3.6. sedangkan pada Semester Genap terdapat Kompetensi Dasar yang memperoleh presentasi 75% pada Kompetensi Dasar 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, dan 3.7.

Pada Kompetensi ini siswa sedikit mengalami kesulitan karena memang kami dari mata Pelajaran SeNu Budaya memiliki kekurangan baik di bidang pengetahuan maupun dibidang alat peraga. Pelaksanaan di kompetensi ini adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan catatan, tugas harian dan sesekali melaksanakan praktik dengan alat seadanya.

c.      Pada semester Ganjil terdapat kompetensi dasar yang memiliki ketercapaian 50% yaitu pada Kompetensi Dasar 3.11 sedangkan pada Semester Genap terdapat Kompetensi Dasar yang mendapat Presentasi 50% pada Kompetensi Dasar 3.8, 3.9, 3.10, 3.13 dan 3.14.

Di kompetensi yang memiliki presentasi 50% memiliki beberapa kesulitan dalam hal imajinasi, kolaboratif dan pengetahuan. Serta waktu yang selalu berada di ujung kegiatan yang berdampak pelaksanaan KBM hanya di laksanakan dengan beberapa materi rangkuman dan tugas dirumah. 


2.    Ketercapaian Program Kerja

SMTR

KOMPETENSI DASAR

Alokasi Waktu

Terlaksana

Belum Terlaksana

I

3.12.    Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa.

BAB 1

3 Jp

v

 

3.13.    Memahami karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya..

BAB 2

9 Jp

v

 

3.14.    Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

BAB 3

3 Jp

v

 

3.15.    Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya

BAB 3

3 Jp

3.16.    Memahami pertunjukan musik tradisional

BAB 4

9 Jp

 

v

3.17.    Membandingkan pertunjukan musik tradisional

BAB 4

3 Jp

3.18.    Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi.

BAB 5

3 Jp

v

 

3.19.    Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi.

BAB 5

6 Jp

3.20.    Meragakan ragam gerak tradisional berdasarkan konsep, teknik dan prosedur tari sesuai dengan iringan

BAB 6

 

9 Jp

v

 

3.21.    Meragakan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional

BAB 7

3 Jp

v

 

3.22.    Menyusun naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional

BAB 8

6 Jp

 

v

 

 

SMTR

KOMPETENSI DASAR

Alokasi Waktu

Terlaksana

Belum Terlaksana

II

3.15.   Memahami konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

BAB 9

3 Jp

v

 

3.16.   Memahami konsep, prosedur, dan fungsi kritik dalam karya seni rupa..

BAB 10

6 Jp

 

v

3.17.   Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

BAB 11

3 Jp

v

 

3.18.   Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya

3.19.   Memahami Pertunjukan music tradisional

BAB 11

3 Jp

3.20.   Membandingkan pertunjukan musik tradisional

3.21.   Memahami simbol, jenis, dan fungsi alat musik tradisional

3.22.   Menganalisis alat musik tradisional sebagai simbol, jenis dan fungsinya dalam masyarakat pendukungnya.

BAB 12

3 Jp

 

v

3.23.   Memahami Pertunjukan music tradisional.

BAB 12

3 Jp

3.24.   Membandingkan pertunjukan musik tradisional

3.25.   Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi

BAB 13

6 Jp

v

 

3.26.   Menganalisis jenis-jenis nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi

BAB 14

6 Jp

v

 

3.27.   Memahami pertunjukan musik tradisional

BAB 15

3 Jp

 

v

3.28.   Pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional

BAB 16

6 Jp

 

v

 

Pada tabel ketercapaian program tahunan di masing masing  kelas memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dalam proses kegiatan belajar mengajar. Misalkan kelas akuntansi memiliki antusias besar dalam materi seni musik sedangkan pada kelas otomotif lebih antusias dalam materi seni rupa. Begitupun kelas otomotif yang satu dengan kelas otomotif yang lain juga memiliki minat berbeda dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran tersebut.

 

Mengingat semua ini adalah proses tentu baiknya kami sebagai guru mata pelajaran hanya dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan profesionalitas dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di masing masing tingkat sehingga siswa siswi kita semua memiliki pengetahuan yang sama dalam kelas.

 


III.      HASIL YANG DIHARAPKAN

 

Realisasi dari pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMK Perintis Adiluhur khususnya pada mata pelajaran seni budaya adalah berupa kegiatan yang dilaksanakan di sekolah baik di dalam maupun di luar ruang kelas. Banyak harapan dari kami selaku guru pengampu mata pelajaran seni budaya diantaranya:

1.      Memiliki sanggar tersendiri tanpa di pindah pindah

2.      Memiliki Peralatan seni tari dan seni musik yang memadai

3.      Waktu yang cukup dan efisien dalam jadwal mata pelajaran

4.      Dukungan penuh dari pihak sekolah, orang tua wali, guru dan semua unsur yang terlibat

5.      Pemberian waktu untuk eksplorasi hasil yang telah kami siapkan sebagai ajang unjuk bakat dari mata pelajaran seni budaya mualai dari seni rupa, seni musik, seni tari dan seni teater, dan guna mempersiapkan peserta untuk mengikuti Festifal Lomba Seni Siswa Nasional tingkat kabupaten setiap tahunnya.


IV.       PENUTUP

 

A.        Kesimpulan

1.     Paradigma baru sebuah pendidikan telah mengubah pola pikir guru, dari guru sentris ke siswa sentris dan dari materi apa yang akan diajarkan kepada anak, ke kompetensi apa yang harus dikuasai anak (life skill), serta bagaimana memperkaya pengalaman belajar siswa. Sehingga, guru harus melakukan pembelajaran yang kontekstual.

2.     Untuk itu, diperlukan upaya profesional guru untuk menciptakan pembelajaran kontekstual dan efektif. Salah satunya adalah menciptakan sebuah proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan profesional dalam melaksanakan tugasnya.

3.     Peran guru menggunakan alat peraga dalam sebuah proses pembelajaran sangat penting karena dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, dinamis, aktif, kreatif, dan menyenangkan.

4.     Dengan guru yang menguasai alat peraga, diharapkan anak akan mampu belajar menerapkan informasi yang dipelajari dan mampu menentukan suatu pilihan tindakan yang rasional dan proporsional.

B.        Saran

1.    Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah dengan menyediakan alat peraga sederhana yang memberikan keberhasilan luas pada suatu pembelajaran.

2.     Untuk implementasinya, maka eksistensi Gugus Sekolah dan manajemennya menjadi pilihan yang strategis bagi pengadaan dan pengembangan alat peraga/media pendidikan.

3.     Kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan penulisan makalah di kemudian hari.

 

Comments